Senin, 25 Juli 2016

{ tutorial } cara memasang jarum mesin obras

Sejak beberapa bulan yang lalu, ada temen yang tanya gimana caranya mengganti jarum mesin obras. Karena bakal belibet kalau di ketik jalan ceritanya di chat whatsapp, jadi aku bilang bakal naruh step by stepnya di blog. Terlalunya aku, baru hari gini dibikinin tutorialnya, ehehe... Afwan mbak Vitri.. semoga belum kadaluarsa ini tutorial.
Nah, keburu mesin obrasnya bakal dipake, jadi ayo kita mulai!
Ini dia biang keroknya, si jarum obras yang entah karena tumpul, patah, atau salah ukuran harus diganti. Cara nggantinya gampang banget. Jadi, nggak perlu keringat dingin ya...

First step, siapin kunci untuk membuka ring yang njepit jarum. Kunci kecil ini biasanya sudah disertakan di tool box waktu beli mesin obras. Kalau belum punya, silahkan beli di toko alat jahit.

Masukkan kunci sesuai lekuk ring. Putar ringnya sesuai arah jarum jam untuk membukanya. Putar sampai ring kendor, tapi jangan sampai lepas dari tiangnya. Pokoknya asal jarumnya udah bisa ditarik kebawah aja. Lepas jarum dari tempatnya.

Ambil jarum yang akan dipasang. Coba perhatikan dua sisi jarum yang ada lubangnya. Salah satu sisi jarum ada lekukannya, sementara sisi satunya lurus. Nah, sisi yang lurus ini harus menghadap ke arah depan ketika dipasang di mesin obras.

Masukkan jarum ke tiang tempat jarum. Dorong ke atas sampai ke pangkal tiang. Setelah itu putar untuk mengencangkan ring penahannya. Kali ini putar dengan arah kebalikan dari arah jarum jam. Pastikan ring terpasang dengan ketat supaya jarum nggak berubah posisinya.

We are done! Gampang kan. Oh ya, setelah jarum terpasang, coba jalankan mesin obrasnya dan cek hasil jahitannya. Kalau hasil jahitannya lompat-lompat, kendorkan lagi ring, tarik sedikit jarumnya, terus ketatkan lagi ringnya. Sedikiiit dulu lho ya nariknya. Hasil jahitan yang lompat-lompat bisa jadi karena benang yang dibawah nggak kesangkut jarumnya, alias ketemunya nggak kompak. Jadi coba naik-turunkan jarumnya sampai ketemu hasil jahitan yang bagus.
Perkara jarum ini selalu jadi masalah sensitif di mesin-mesin jahit (ceilah, sensitif!), hehe.. Maksudnya sensitif, kalau ada salah sedikit aja bisa mempengaruhi hasil jahitan. Jadi pastikan jarumnya nggak kebalik, nggak tumpul, dan sesuai ukurannya dengan kain yang sedang diobras.
Nah, beginilah caranya masang jarum obras. Semoga tutorial ini bermanfaat ya. Happy ngobras, and
Enjoy the sew!

18 komentar:

  1. Bgus bnget mbak infonya.. Makasih byk.. Oh y mbak, gimana supaya menyetel benang agar rapat atau renggang? Thankx sebelumnya

    BalasHapus
  2. sama2 :). Alhamdulillah kalo manfaat. nyetel kerapatan benang ada di bagian belakang mesin obras. ada kayak jarum penunjuk yang nempel ke pelat ber-angka. nah, pelat itu yang digeser2 untuk nyetel lebar stik jahitan (kalo punya buku manualnya, di situ ada penjelasannya.) terus terang saya belum pernah sukses ngganti ukuran jahitan karena ngefek ke setelan tegangan benangnya juga ^_^. selama ini ngikut ke setelan pak servis aja, hehe..






































    BalasHapus
  3. Mba, kalau untuk meain obras merk kaesar bagaimana cara mengganti jarumnya
    Infonya donk mbaa..
    Makasih banyak 😊😊😊

    BalasHapus
  4. Mba, kalau untuk meain obras merk kaesar bagaimana cara mengganti jarumnya
    Infonya donk mbaa..
    Makasih banyak 😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin obras empat benang ya. maaf, saya belum tau. cz punya saya 3 benang :)

      Hapus
  5. Mau nanya donk mesin obras benang 3 bisa ga buat ngobras bahan tebal.. Soalnya yg punya aku ga bisa malah huhuhu bisanya ngobras yg bahan tipis aja huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisanya nggak bisa jalan atau nggak bisa merangkai jahitan mbak? Btw, tergantung setebal apa juga sih mbak. Punya saya kain drill dobel dua masih lancar. Kalau lebih tebal lagi memang biasanya agak seret. Coba ganti jarum yang lebih besar deh mbak.

      Hapus
  6. mb setiap saya putar ring jarum, kok tiangnya selalu ikut mutar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. Kok bisa ya..
      Maaf mbak, saya belum pernah tau sebabnya kalau kasus yang seperti itu.

      Hapus
  7. Assalamualaikum mba...tolong kasi tw cara pasang jarum di mesin neci yamata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa`alaikumussalam.. doakan saya dapet rejeki (dan tambahan space) untuk beli mesin neci ya. Biar saya bisa bikin tutorial seputar neci ;)

      Hapus
  8. Msin d rumah sya jarumnya ptah trus, biasanya itu krna apa ya,?

    Pdahal biasanya, mskipun pisaunya udh tmpul jarum mah jrng ptah trus"an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah kejadian kayak gitu, bertahun2 lalu. Tapi saya lupa terus diapain. Maaf..

      Hapus
  9. Makasih mbaa , bermanfaat sekalii😊

    BalasHapus
  10. Di tempat saya jarang ada penjual onderdil alat jait jadi belinya di toko biasa. Kalau mau beli kunci untuk jarum obras benang 3 singer. Ukurannya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm.. mungkin nomer 6 atau 7. Semoga jawabannya membantu.
      Oh ya, sudah coba cari di toko mesin jahit? Biasanya di sana ada juga.

      Hapus
  11. Mbak,,jarumnya mentok sama jarum pengumpul benang jadi klo dipaksain pasti patah,,itu gmna settingnya ya biar posisinya bener lg??

    BalasHapus