Rabu, 20 Januari 2016

recycle: milk tin can meet crochet





Udah lama banget pengen punya pot mini warna –warni yang diisi tanaman indoor. Tapi nggak pernah punya waktu buat nyari pot kecil seperti yang kuidamkan. Jadilah setiap ada wadah bekas  sebangsa kaleng atau botol nganggur, langsung aku simpen buat jaga-jaga. Siapa tau ada ide untuk nyulap si wadah jadi sesuatu yang baru. And finally I got it! Korban recycle kali ini adalah kaleng susu kental manis bekas yang aku lepas bagian atasnya. Tadinya ada ide buat ngecat kaleng ini pakai warna putih, terus di lukis pakai cat akrilik. Dipikir-pikir kok kelamaan prosesnya, pake nyari cat di gudang perkakas bapak yang aduhai berantakannya. Cari cara praktis, akhirnya kepikiran buat ditutup pakai rajutan.


Benang yang aku pakai ini benang rajut katun. Aku pilih warna putih gading kobinasi sama hijau muda dan tua biar ada efek gradasinya. Aku bukan jenis orang yang radikal untuk soal warna. Jadi jarang-jarang pilih warna ngejreng ^^ ,lagian biar matching sama tanamannya gitu lho..
Tehniknya aku pake single crochet untuk bagian putih gadingnya dan kombinasi single crochet dan half doble crochet untuk bagian hijau muda dan hijau tuanya. Hitungannya aku karang sendiri. Maksudnya biar nutupin seluruh badan kalengnya. `tau deh kok jadi ngintip gini atas sama bawah kalengnya. Tapi kata kakakku malah bagus. Jadi sedikit ada kesan urbannya . Ceilah...

 Ini proyek yang menyenangkan karna cuma butuh waktu semalam bikinnya. Maksudku, aku bikin mulai dari setelah sholat maghrib trus dilanjut setelah sholat isya` dan kelar sekitar jam setengah sembilan! Jadi Cuma sekitar 2 jam aja dan aku bukan fast crocheter juga.


Kadang aku suka mbolak-mbalik covernya. Jadi suka gantian kadang bagian hijaunya di atas, kadang di bawah_kayaknya lebih keren kalo hijaunya yang di atas. Iya nggak sih?_. Kalo pas dijemur di teras juga suka aku lepas dulu rajutannya, takut warnanya gampang pudar.



Korban selanjutnya adalah si kaleng bekas larutan penyegar, hehe.. agak sedikit tricky karena menyempit di bagian atasnya. Jadi semakin ke atas hitungan rajutannya harus dikurangi. Mau nggak ditutupin, lha wong ada tulisan “larutan penyegar”, hihi.. Lagian hijaunya kaleng nggak akur banget sama hjau benang rajutku. Untungnya nggak banyak juga bagian yang menyempit ini.



Voila! Dan inilah jadinya. Tapi kalo yang ini nggak bisa dilepas-lepas lagi kalo udah diisi tanaman, karna masuknya harus lewat atas.



Sejak nggarap  proyek kaleng-kaleng ini aku jadi sensitif kalo liat ada kaleng dibuang di jalan. Btw, botol plastik bekas bisa juga kali ya, dibuat pot-pot kecil kayak gini? Next time insyaaAllah dicoba kalo ada kesempatan lagi. Saatnya berburu korban recycle baru!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar