Selasa, 24 Maret 2015

tutorial: mengatasi lengkungan lengan setali

Yak! Ini dia tutorial yang aku janjikan di postingan dress batik sebelumnya...
Aku kan dah cerita sebelumnya, kalo dulu-dulu aku suka senewen sama lengkungan lengan setali. Lengan setali memang praktis dari segi bikin pola dan njahitnya karena kerung lengannya jadi satu sama badan. Kalo untuk proyek jahit baju cepat, menurutku jurus lengan setali ini very recomended!
Baiklah, tanpa buang tempo lagi (aku dah keburu ngantuk!) ayo kita bahas step by step ngatasi si lengkungan ini.

Siapkan potongan kain dari kain baju selebar 4cm x panjang lengkungan lengan. Jadi panjang pita ini harus bisa meng-cover seluruh lengkungan ya. Oh ya, jangan lupa, pita ini harus dibuat dari kain yang dipotong dari serat  kain yang serong (diagonal) supaya lentur. Lipat kain jadi dua bagian sambil ditekan sampai terbentuk lipatan (bisa dengan bantuan setrika), lalu lipat bagian tepi-tepi kain ke arah garis lipatan di tengah. 

Gunting-gunting bagian kampuh jahitan pada bagian lengkungan. Mengguntingnya jangan sampai kena jahitan ya. Paling tidak sisakan sekitar 0,3cm dari jahitan.

Buka lengkungan sampai jadi lurus. Pasang pita yang sudah disiapkan sebelumnya menutupi kampuh. Pita ini menjaga supaya lengkungan tetap lurus sekaligus melindungi kampuh yang sudah digunting-gunting.

Semat sepanjang pita dengan jarum. Untuk proses ini, bagian depan dan belakang pita akan dijahit bersama sekaligus. Jadi pastikan bagian depan dan belakang pita tersemat jarum.

Jahit sepanjang tepi pita dengan mesin. Nantinya kampuh bagian lengkungan ini akan bergelombang. Nggak masalah, karena inilah yang akan meyelamatkan lengan setali kita dari pernjlekitutan!

Dan.. beginilah hasilnya. Mulus bebas kerutan! Lengan setali siap difinishing.
Enjoy the sew!
:)

3 komentar:

  1. kak, bisa tolong jelasin cara meletakkan pola di kain itu kayak gimana?
    q masih bingung, kan bagian bahunya tanpa jahitan.
    itu gimana..
    .
    maksih..

    BalasHapus
  2. pola lengan setali maksudnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sambungan jahitannya kok di bahu. Jadi meletakkan polanya biasa aja.

      Hapus