Senin, 05 Januari 2015

Blouse Make Over


Ceriteranya, dahulu kala, dibuatlah sebuah blus. Niatnya mau dibikin baby doll. Tapi ternyata si penjahit masih belum pinter milih bahan yang sesuai untuk modelnya. Bukannya kain yang lembut dan jatuh, malah kain licin yang rada kaku yang dibeli olehnya. Tambahan lagi ada acara warna abu-abu si blus yang dikombinasi sama pinggiran merah marun yang rada maksa. Dan, ternyata, si penjahit itu adalah aku! ^_^` ( itu gambar dibawah difoto waktu udah dibongkar kerut di leher dan di lengannya. Dengan penampakan yang belum disetrika, blus ini kelihatan totally disaster!) Ayolah... every body can make a mistake, right? Yang penting adalah bagaimana me_remake busana ajaib ini.
C:\Users\Owner\Pictures\Bikinanku\Originals\DSC_1292.jpg
Ini blus walaupun aku yang buat, tapi sebetulnya bukan punyaku. Blus ini dibuat bertahun-tahun yang lalu untuk salah satu tanteku. Ide baby doll-nya dari beliau, tapi akulah yang salah beli bahan. Waktu udah jadi, aku baru sadar kalo model lengan kerutnya agak nggak sesuai untuk bentuk tubuh beliau yang bidang di bagian bahu. Plus, kainnya yang semi kaku ini jadi nggembung karena kerut lehernya. Aarghhh.... untungnya si tante juga nyadar, jadi bajunya dibalikin ke aku. Waktu itu untuk dikecilkan ukurannya. Maksudnya ngurangi efek gembungnya itu. Tapi akunya dah keburu ill feel. Dah nggak niat banget mau nggarapnya #penjahit yang tidak bertanggung jawab. Dua tahun setelahnya barulah aku dapet ilham untuk nge_renovate sekalian blus ini. dan, proyek make over Betty la Fea pun dimulai!
C:\Users\Owner\Pictures\Bikinanku\Originals\DSC_1289.jpg
Kupikir, daripada mempertahankan tepian marunnya, kenapa nggak diganti sekalian sama kombinasi yang jauh dari resiko nggak matching? Pilihan pun jatuh ke warna hitam. Corat coret sketch, akhirnya datanglah ilham desain ini. #gambarnya jelek? Biarin! :P

Jadi pertama-tama, untuk menaikkan moodku kupotong semua tepian merah yang menyakitkan hati itu. Setelah lega dengan hilangnya warna yang mengganggu, barulah aku bentuk ulang si blus. Jelas bagian lingkar badan blus harus direduksi karena model awalnya yang berkerut di leher depan & belakang. Bagian belakangnya aku potong ditengah-tengah, terus kelebihan ukurannya sekalian aku pakai untuk kampuh ritnya. Disini, aku pakai rit jepang ukuran 50cm. Rit ini baru aku buat sekarang karena model awal yang longgar bikin blus ini nggak perlu closure alias bukaan. Terus, kelebihan bagian depan cuma aku lipat di kanan kiri bagian yang sekiranya bakal ketutup lace brokat. Oh iya, aku pakai lace brokat walaupun sebetulnya panel hitam di tengah itu niatan awalnya mau pakai brokat meteran. Pas sebetulnya ada yang persis banget sama yang ada di bayanganku #nggak nyangka# tapi harganya 350ribu!!! Bisa semaput tanteku ntar kalo tak kasih bonnya. Jadilah ku ikhlaskan lace simple ini untuk membantuku menutup aib. Tapi walau simple ternyata sudah cukup membantu kok. lagian butuhnya juga cuma dikit. Jadi lebih nggak mubazdir daripada kalo aku beli si brokat meteran.
C:\Users\Owner\Pictures\Bikinanku\Originals\DSC_1309.jpg

C:\Users\Owner\Pictures\Bikinanku\Originals\DSC_1311.jpg
Next step, re-shape kerung lehernya. Aku putuskan untuk pake desain leher semi kotak yang sudutnya dibuat elips. Sebabnya, karna aku malas sekali untuk bikin pola lapisan leher. Jadi dengan bentuk yang begini aku bisa memfinishing pinggir kerung lengan dengan bias tape yang dipotong serat miring dan difungsikan seperti lapisan. Nggak perlu bikin pola lapisan leher lagi. Praktis! Hoho.. ;)


Berikutnya eksekusi lengan. Mula-mula aku bongkar total dulu si lengan. Terus aku buat ulang polanya, kali ini lengan biasa tanpa kerut. Habis itu, baru deh, aku pasang lagi ke badan blusnya. Awalnya aku nggak berniat ngasih lace lagi di lengannya. Tapi setelah dilihat-lihat kok kayaknya kayaknya rada plain. Jadi kusematkanlah lace kecil di sekeliling lengan bawahnya.
C:\Users\Owner\Pictures\Bikinanku\Originals\DSC_1405.jpg

C:\Users\Owner\Pictures\Bikinanku\Originals\DSC_1406.jpg

C:\Users\Owner\Pictures\Bikinanku\Originals\DSC_1399.jpg
Mateng deh! Malah si tante yang jadi lupa kalo pernah punya blus abu-abu ini, hedeeeh... -_-` untuk yang kali ini si tante dengan tulus dari lubuk hati yang terdalam (sependengaranku sih, kayaknya gitu) memuji si blus hasil operasi berdarah-darah ini. Dan seperti biasanya, kalo sama baju ciptaanku gini, entah kenapa aku malah jadi sayang waktu nglepasin ke si empunya. Apalagi yang ini. Modelnya gua banget gitu lho! Haha..


C:\Users\Owner\Pictures\Bikinanku\Originals\DSC_1400.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar