Kamis, 30 Oktober 2014

[Trial and Error] Cape Sleeve

Very loooong time sejak posting hasill proyek terakhir sewdio, akhirnya sempat berbloging lagi setelah selesai mengurusi acara nikahan kakak semata wayang, berbenah rumah, mudik, and nyesuaikan jadwal lagi pasca liburan panjang. Tambahan terbantu sama smartphone yang lagi soak (lho?) jadi bisa lebih fokus buat nyelesaikan proyek-proyek yang tertunda J. Termasuk nggarap dress, order dari pelanggan yang udah sewot (adik paling buntut) yang minta kain katun floral print-nya di jadiin dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.  Ok, here we go!
Jadi ceritanya untuk si dress ini aku pakai kain katun motif bunga, yang tadinya punya si kakak. Gara-gara dilirik terus sama si adek, akhirnya dihibahin deh. Kebetulan juga kainnya pas cuma dapet sisa 1 meter dari toko kainnya. Alamat maksa banget kalo mau dibuat baju orang dewasa.


Aku lagi pengen nyoba pola dr gaya klasik. Udah lama banget ngebet pengen nyobain lengan Kap (cap sleeve) waktu lihat di buku mode blat kuno di tempat kursus pertamaku yang juga kuno, hehe.. Asli, asik banget liat pola-pola jadul. Tapi bukan model jadul tahun 70an yang norak punya itu. Ini yang stylenya Eropa classic untuk little lady, sukaaa banget. Sayangnya waktu itu kosakata polaku masih kerempeng banget. Boro boro tau polanya, wong namanya aja nggak mudeng. 1 tahun kemudian baru tau kalo polanya `n cara masangnya ternyata gampang banget! Hoho.. :D


Tapi, ntar..ntar.. ternyata si lengan kap ini bikin aku ketemu musuh bebuyutanku. Itu adalah...

Eng.. ing.. eng....


Lapisan! Tapi yang lapisan yang model lengan sama lapisan lehernya nyambung jadi satu kayak gini. Sebetulnya ada sih, pola yang nggak bikin aku harus berurusan sama lapisan jenis ini _jangan tanya gimana polanya karna udah kadung tak bikin kayak gini_
Intinya (kalo caraku) lapisan yg bagian leher dijahit trus dijahit tindas dulu seperti biasa. Baru setelah itu satu persatu lapisan yang di kerung lengan dijahit mulai dari bagian ketiak kearah bahu, terus mulai lagi dari ketiak ke bahu. Jadi misalnya, jahit dari ketiak ke arah kerung lengan depan smpai bahu, lalu berhenti. Terus baru mulai lagi dari ketiak yang tadi ke arah kerung lengan belakang ke bahu sampai ketemu jahitan yang sebelumnya (Bingung? Nggak papa, aku juga)
Nggak tau ini caranya betul atau nggak, karna dulu pas kursus belum sempat nyoba under control sang suhu. Sebelumnya pernah nyoba untuk baju orang dewasa. Karena notabene bidang yang dikerjakan lebih luas, dan bahannya kebetulan juga lentur, jadinya lebih gampang jahit dengan cara seperti diatas. Cuma gara –gara kali ini diaplikasikan ke baju anak-anak jadinya lebih berabe jahitnya. Terutama karna lebar bahu yang sempit, jadi pas jahit lapisan yang dekat bahu itu nyaris bikin nangis. Belum lagi pas jahit tindasnya, oh no! Tapi intinya secara keseluruhan jahitnya seru kok. jadi nggak kapok kalo harus bikin lagi. Lagian aku sangsi, ini cara jahit yang sahih apa nggak. Jadi kalo ada yang bisa kasih tau cara jahit lapisan model ini dengan benar, please share with me!:)


Closure_nya aku buat di punggung belakang pakai kancing hem.(belakangan, keputusan ini diprotes sama si empunya baju yang kerepotan tiap mau pake dress ini :P) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar